Versi 2.2 - Soal Uraian/Esai Pada Tes

15 Januari 2021

Halo,

Berikut ini kami sampaikan informasi pembaruan fitur baru aplikasi mediadidik.com yang merupakan permintaan dari bpk/ibu yang telah kami saring dan kami coba implementasikan.

Mari simak pembahasannya:

# Pengaturan Menampilkan Jawaban Peserta

Pada formulir tambah/ubah tes, terdapat pengaturan yang memungkinkan peserta didik melihat kembali jawaban yang dia kirimkan pada tes.

Jika pada field Tampilkan Nilai Ke Peserta dipilih Setelah selesai mengerjakan maka akan ada field tambahan Tampilkan Jawaban Ke Peserta yang memiliki dua pilihan, yaitu:

  1. Jawaban yang dikirimkan saja, jika memilih ini, maka peserta setelah selesai mengerjakan tes akan dapat melihat jawaban yang dia kirimkan tiap-tiap nomor soal.
  2. Jawaban yang dikirimkan dan kunci jawaban, peserta dapat melihat jawaban yang dia kirimkan dan kunci jawaban yang benar tiap-tiap nomor soal.

# Filter Jenis Soal

Pada halaman Manajemen Soal, terdapat tombol untuk memfilter soal berdasarkan tipenya, beserta informasi jumlah soal yang ada pada tipe tersebut.

# Soal Uraian/Esai

Saat tombol Tambah pada Manajemen Soal diklik, maka akan ada pilihan untuk menentukan tipe soal yang akan dibuat:

Jika memilih Pilihan Ganda maka akan tampil form seperti sebelumnya, tidak ada perubaha, tetapi jika memilih Uraian/Esai, maka akan tampil form seperti berikut:

Penjelasan field:

  • Pertanyaan *, field untuk menampung pertanyaannya
  • Jawaban, tuliskan jawaban pada field ini, tidak wajib diisi, namun disarankan untuk diisi.
  • Kata Kunci Jawaban *, field untuk menampung kata kunci jawaban. Anda perlu mengatur kata kunci jawaban pertanyaan Anda, karena peserta didik tidak mungkin menjawab persis sama sesuai jawaban yang ada, untuk itu kata kunci memungkinkan sistem akan melakukan cek adakah kata kunci pada jawaban peserta didik.

  • Grup Nilai *, pengaturan grup nilai untuk kata kunci.

  • Bobot Soal *, defaultnya bernilai satu, misalnya diisikan 2 maka nilainya jika menjawab benar seperti menjawab 2 nomor.

Tampilan pada peserta didik saat mengerjakan soal uraian/esai seperti ini:

# Penyesuaian Grup Nilai

Secara otomatis, sistem akan melakukan cek pada jawaban peserta yang dikirimkan, mencari grup nilai mana yang semua kata kuncinya ada pada jawaban peserta didik.

Namun, yang namanya jawaban uraian, kadang-kadang maksutnya sama namun kata-katanya berbeda.

Untuk itu, pengajar dapat melakukan cek jawaban yang dikirimkan peserta tes, dan melakukan perubahan grup nilai yang secara default ditentukan oleh sistem.

Caranya, masuk ke halaman daftar peserta tes, kemudian pilih menu detail peserta pada peserta yang dimaksut.

Jika link perbarui diklik, maka akan muncul form untuk menentukan grup nilai.

# Fitur Paksa Selesai Tes

Pada halaman daftar peserta tes, untuk peserta yang sedang mengerjakan tes dapat dipaksa atau dianggap selesai, fitur ini diadakan karena pada praktiknya ada peserta yang belum sampai waktu habis atau belum menjawab semua soal tapi koneksi mereka putus, atau ada sebab lain yang menyebabkan dia keluar dari halaman tes, dan tidak kunjung kembali.

Akibatnya, peserta tersebut tetap berada dalam tab sedang mengerjakan.

Jika diklik, maka akan dianggap selesai dengan jawaban yang ada.

# Demo Fitur

Berikut ini demonstrasi fitur ini secara keseluruhan:

# Fitur Berikutnya

Berikut ini daftar fitur yang sedang kami analisis untuk dipertimbangkan bisa diterapkan:

  • User dengan role walikelas
  • Soal tes bentuk menjodohkan

# Mohon Saran

Kami sangat senang jika bpk/ibu dapat memberikan saran yang membangun kepada kami, kami akan terus berusaha mengimplementasikan fitur permintaan tersebut. Untuk itu jangan ragu untuk berkirim pesan dengan kami:

Whatsapp +62 851-5649-1278 (Chat Only)
Telegram @mediadidik (Chat Only)
Email [email protected]

Akhir kata, terima kasih banyak kepada bpk/ibu yang telah menggunakan aplikasi ini.

Salam Hormat,
Almazari (mediadidik.com)